Tips Agar Bunda Gak Kelelahan Sebelum Melahirkan



Kampuskesehatan.com, Memasuki usia kehamilan trimester akhir, kondisi tubuh Bunda sangat penting untuk dijaga dengan baik sebagai bentuk persiapan persalinan yang pada prosesnya membutuhkan waktu dan tenaga yang ekstra. Khususnya bagi Bunda yang akan melahirkan normal, Bunda sendiri pasti sudah sering denger kan gimana capeknya ngelahirin normal itu? jadi biar Bunda siap menjalaninya maka penting agar Bunda dapat menjaga kondisi tubuh Bunda sebelum melahirkan.

Apalagi jelang persalinan itu mental dan energi memang umumnya akan terkuras lebih banyak dari biasanya. Hal itu karena Bunda mulai memikirkan gimana proses melahirkan yang melelahkan plus dengan semua rasa sakitnya jadi Bunda bisa dilanda perasaan cemas. Belum lagi Bunda yang harus membawa beban di perut kemana-mana, kedengarannya memang kayak biasa aja tapi rasanya itu capek banget iya kan Bun?

supaya Bunda gak kelelahan sebelum melahirkan yang mana bakal membuat Bunda jadi lebih mudah stres dan akibatnya Bunda berisiko mengalami persalinan prematur berikut beberapa tips agar Bunda gak kelelahan sebelum melahirkan.

Jaga Kebutuhan Nutrisi Bunda

Setiap Ibu hamil diwajibkan untuk dapat memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya, hal ini karena nutrisi memang sangat penting untuk Ibu hamil. Tidak hanya untuk mendukung tumbuh kembang janin nutrisi juga sangat penting untuk menjaga stamina dan mencegah penyakit.

Karen itu setiap Ibu hamil sangat disarankan untuk tidak makan makanan secara sembarangan, misalnya seperti makanan cepat saji. Hal ini karena dikhawatirkan kandungan nutrisinya tidak sesuai dengan kebutuhan tubuh, yang mana pasti dapat memicu gangguan pada kehamilan. Konsumsi makanan sehat yaitu makanan yang Bunda sajikan sendiri sehingga Bunda dapat mengetahui jumlah kandungan nutrisinya dan pastikan pula agar Bunda mengkonsumsi buah dan sayuran yang mana itu memang penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian Bunda.

Jaga Kebutuhan Cairan Tubuh Agar Tetap Terpenuhi

Selain makanan kebutuhan cairan tubuh Bunda juga harus terpenuhi. Ini yang gak boleh Bunda sepelekan, apalagi umumnya Ibu hamil memang akan lebih mudah berkeringat sehingga dikhawatirkan Bunda jadi kekurangan cairan tubuh. Kekurangan cairan tubuh ini sangat berisiko lho Bun, bukan Cuma bisa menghambat asupan makanan pada janin, tapi juga bisa membuat tubuh Bunda jadi lebih mudah lelah bahkan bisa berisiko kematian jika sudah sangat kekurangan cairan tubuh. Jadi selalu menjaga kebutuhan cairan tubuh pun tidak hanya mencegah Bunda tidak kelelahan tapi juga penting untuk tidak memicu risiko lain pada kehamilan Bunda.

Atur Pola Istirahat dengan Baik

Umumnya saat hamil kita memang bakal mengalami yang namanya gangguan tidur, apalagi saat usia kehamilan sudah memasuki trimester akhir. Yang kemaren sih udah saya jelasin ya Bun kalau, salah satu tanda persalinan akan segera berlangsung itu adalah gangguan tidur.

Saat waktu istirahat terganggu pastinya kebugaran tubuh Bunda pun jadi ikut terganggu, ini berarti Bunda jadi lebih mudah lelah bahkan jadi seperti gak punya tenaga untuk beraktivitas. Jadi supaya Bunda gak kelelahan sebelum melahirkan Bunda harus pintar-pintar mengatur pola istirahat Bunda. Tidur malam itu adalah masa yang paling banyak berpengaruh terhadap energi, jika waktu tidur Bunda tidak terpenuhi maka saat bangun Bunda jadi kehilangan semangat, pegal dan lain sebagainya. Alhasil Bunda pun jadi lebih gampang capek. Karena itulah sebaiknya di malam hari Bunda dapat membatasi waktu Bunda berinteraksi, entah itu dengan keluarga, suami ataupun media hiburan Bunda. Sebaiknya Bunda mulai beristirahat dari jam 8 malam agar Bunda dapat tidur jam 10 malam, biasanya kan kita butuh minimal 2 jam biar bisa tidur. Kalau pun Bunda masih aktif bekerja sebaiknya Bunda sudah mulai cuti sebulan sebelum waktu persalinan.

Tidur Siang yang Cukup

Selain tidur malam, di siang hari Bunda juga sebaiknya memanfaatkan waktu dengan baik untuk beristirahat. Bunda bisa tidur atau hanya memanfaatkan waktu untuk meluruskan badan tanpa harus melakukan aktivitas apapun. Beristirahat siang akan sangat membantu untuk memberikan tambahan energi di sela-sela aktivitas Bunda. Ini tentu sangat membantu biar Bunda gak kelelahan sebelum melahirkan.

Melatih Tubuh Jelang Persalinan

Ibu hamil itu memang lebih gampang capek, tapi hal yang mesti Bunda ingat adalah biarpun Bunda gampang kehilangan energi bukan berarti Bunda sepanjang hari harus terus beristirahat. Bunda tetap butuh olahraga agar metabolisme tubuh berjalan baik dan semua asupan nutrisi dapat diubah menjadi energi.

Olahraga bagi Ibu hamil tentu beda dengan olahraga pada umumnya, bagi Bunda yang sedang mengandung Bunda disarankan untuk melatih tubuh dengan latihan khusus untuk Ibu hamil seperti yoga atau berjalan kaki dengan santai secara rutin. Gak perlu lama kok Bun minimal 5 menit maksimal 30 menit.

Latihan yoga atau hanya sekedar berjalan kaki akan sangat membantu untuk menambah energi dan memperkuat tubuh Bunda. Khususnya untuk melatih pernapasan biar waktu melahirkan nanti Bunda dapat mengejan lebih kuat dan mengontrol energi dengan baik. Hal ini sudah pasti akan memperlancar proses persalinan Bunda.


Kendalikan Kecemasan Bunda Tentang Persalinan

Nah, yang terakhir adalah mengendalikan kecemasan Bunda. Kecemasan memang adanya di psikis dalam artian mental tapi jangan salah Bun, gangguan psikis seperti ini juga bisa berpengaruh terhadap kondisi fisik Bunda. Nah, agar Bunda gak kelelahan penting agar Bunda bisa mengendalikan kecemasan yang Bunda rasakan. Selalu berpikir positif dan share sama suami tercinta adalah langkah terbaik untuk meringankan beban mental Bunda jelang persalinan.

0 Response to "Tips Agar Bunda Gak Kelelahan Sebelum Melahirkan "

Posting Komentar