Gejala Penyakit Cacar Air Dan Pengobatan

http://www.kampuskesehatan.com/2016/12/gejala-penyakit-cacar-air-dan-pengobatan.html

Kampuskesehatan.com - Cacar air adalah penyakit yang disebabkan oleh virus varicella-zoster yang sering terjadi pada anak-anak. Pada penyakit ini biasanya ditandai dengan bintik-bintik pada seluruh tubuh (termasuk wajah), berwarna kemerahan, dan isi dari benjolan (jika sudah membesar) tersebut adalah cairan. Jika seseorang menderita penyakit ini, maka tubuhnya akan membentuk kekebalan yang sangat kuat seumur hidup, jadi penyakit ini hanya terjadi satu kali seumur hidup pada setiap orang. Cacar air sangat menular dan memiliki tiga tahap dalam pembentukannya. Gejala penyakit cacar air Ini dimulai dengan munculnya sedikit benjolan gatal di seluruh tubuh yang menyerupai seperti gigitan serangga. Kemudian, bintik tadi berubah menjadi benjolan yang berisi cairan, diikuti oleh tahap akhir yaitu pada saat tahap penyembuhan, dimana benjolan tersebut pecah dan membuat bekas pada kulit.

Selain benjolan gatal dan koreng, gejala penyakit cacar air juga dapat menyebabkan demam, sakit kepala, batuk kering atau hilangnya nafsu makan. Pada awalnya benjolan kecil muncul di bagian perut atau wajah selama dua sampai empat hari. Penularan pada penyakit ini terjadi ketika kontak langsung pada penderita, atau pada saat penderita batuk dan bersin, virus yang ada pada tubuh berterbangan di udara dan terhirup oleh orang lain dan berkembang biak dalam tubuh. Pada anak-anak biasanya penyakit cacar air tanpa ada masalah besar. Namun, cacar air dapat menimbulkan komplikasi bagi ibu hamil, bayi baru lahir yang dimana ibunya tidak melakukan vaksin sebelumnya, remaja dan orang dewasa, serta pada orang dengan sistem kekebalan yang terganggu atau lemah dan orang-orang dengan penyakit eksim. Sebelum kita bahas lebih lengkap tentang gejala penyakit cacar air mari kita simak penyebab Penyakit Cacar Air :
  • Disebabkan Oleh Virus Varicella-zoster
  • Lemahnya Sistem Kekebalan Tubuh
  • Pola Hidup tidak Sehat
  • Hidup dalam Lingkungan tidak Bersih atau tidak Sehat
  • Penularan dari Orang Lain
 Berikut Adalah Gejala Penyakit Cacar Air :
  • Demam
  • Sakit Kepala
  • Batuk Kering
  • Nafsu Makan Berkurang
  • Gatal Pada Kulit Seperti Bekas Gigitan Serangga
  • Timbulnya Benjolan Berisi Cairan Pada Tahap Selanjutnya
Pengobatan Gejala Penyakit Cacar Air :

Ada beberapa pengobatan rumah yang dapat membantu pada pengobatan gejala penyakit cacar air. Misalnya dengan mandi menggunakan air hangat, menggunakan lotion dari dokter pada daerah yang gatal, istirahat yang cukup, makan makanan yang bergizi yang dapat menambah kekuatan sistem kekbalan tubuh, serta menggunakan pakaian yang sedikit longgar supaya tidak membuat luka. Lakukan konsultasikan dengan dokter segera jika seseorang mengalami gejala seperti pada gejala penyakit cacar air, juga berkonsultasi dengan dokter jika benjolan pecah dan menjadi terinfeksi atau jika ada bintik-bintik di mata, telinga atau mulut. Selain pergi ke dokter, anda juga harus menerapkan pola hidup sehat dengan rajin konsumsi buah dan sayur untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, supaya tubuh dapat terbebas dari serangan berbagai virus penyebab gejala penyakit cacar air. 

Sumber : http://www.gejalapenyakit.xyz/

0 Response to "Gejala Penyakit Cacar Air Dan Pengobatan"

Posting Komentar