ETIKA KESEHATAN

http://www.kampuskesehatan.com/2017/02/etika-kesehatan.html

ETIKA
Pengetahuan tentang moralitas, menilai baik buruknya suatu perbuatan ditinjau dari segi moral. etika di dalamnya diikuti adanya kesadaran akan pilihan dari banyak alternatif pilihan, akan perbuatannya atau keputusannya, sehingga lahirlah “keputusan etik”. etika dapat mengandung norma kesusilaan (sikap pribadi) maupun norma kesopanan (perilaku antar manusia) dan dapat dipengaruhi oleh norma agama dan norma hukum.

MORAL
Perilaku yang sesuai dengan norma yang berkembang di dalam masyarakat. orang yang sudah bermoral, jika dia sudah berbuat sesuai dengan norma yang ada. suatu perbuatan yang tidak dilihat dari aspek kesadaran yang berkembang di dalam pengambilan keputusan akan perbuatan itu.

NORMA
Kebiasaan yang sudah diterima secara umum (kadang memiliki sangsi jika dilanggar) akan dianggap sebagai norma. norma dapat berupa “perintah”, “larangan”, dapat pula “anjuran”. didalam norma mengandung nilai yang diperhatikan oleh setiap orang, dan diajarkan kepada orang lain (orang tua kepada anak).

NILAI
Orang perorang melakukan interaksi dalam kehidupan sosial. orang akan menilai perbuatan tertentu sebagai perbuatan baik atau buruk. jika kebanyakan orang sudah memiliki penilaian yang sama terhadap sebuah perbuatan, maka terjadilah suatu nilai terhadap perbuatan itu.

Sumber : https://kartikasilviana.wordpress.com/

0 Response to "ETIKA KESEHATAN"

Posting Komentar